9 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Baterai Laptop Cepat Bocor

Biasanya baterai laptop yang normal bisa bertahan sekitar 2-5 jam sejak digunakan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Pada umumnya, umur baterai laptop tetap dalam kondisi normal ialah 3-5 tahun. Setelah itu, Miku dapat menggantinya dengan baterai baru. Namun, terkadang kecerobohan pengguna bisa menjadikan baterai laptop menjadi bocor. Nah, 9 kebiasaan ini bisa membuat baterai laptop Miku cepat bocor.

Kebiasaan Ini Dapat Membuat Baterai Laptop Cepat Bocor
Kebiasaan Ini Dapat Membuat Baterai Laptop Cepat Bocor. Sumber: www.pexels.com

Mencegah Baterai Laptop Cepat Bocor

1. Tidak Mencharge Laptop Saat Baru Dibeli

Photo by Burst

Supaya baterai laptop Miku awet, sebaiknya laptop barumu dicharge dalam kondisi mati paling tidak selama 4 jam supaya baterai dapat terisi penuh.

2. Melepas Baterai Sembarangan

Photo by Kari Shea

Melepas baterai laptop secara sembarangan ternyata berdampak sangat tidak baik untuk laptop Miku. Maka, sebaiknya anda menghindari kebiasaan seperti ini.

3. Baterai Low dan Saat Penuh Charge tidak Dilepas

Photo by Andras Vas

Sebaiknya Miku jangan menggunakan laptop hingga baterainya habis. Jika sudah perlu dicas, sebaiknya dicas dan jika penuh segeralah lepas charge.

4. Menggunakan Laptop Sambil Dicharge

Photo by Etienne Boulanger

Hindari charge laptop sambil menggunakan laptop. Sebaiknya Miku charge laptop pada kondisi mati. Sesudah dayanya terisi penuh, Miku bisa menggunakannya.

5. Settingan Layar yang Terlalu Terang

Photo by NordWood Themes

Layar laptop yang terlalu terang ternyata bisa membuat konsumsi baterai Miku lebih boros. Jadi aturlah cahaya laptopmu supaya penggunaan baterai juga bisa lebih hemat.

6. Membiarkan Aplikasi Yang Tidak Dipakai Terbuka

Photo by Anete Lūsiņa

Nah, ternyata membiarkan aplikasi terbuka tanpa dipakai bisa membuat bateraimu cepat habis. Maka tutup segera aplikasi yang tidak Miku gunakan supaya penggunaan daya baterai lebih efektif dan awet.

7. Charge Di Colokan Bercabang Banyak

Photo by Radek Grzybowski

Ketika mengisi baterai, sebaiknya anda memakai colokan yang single. Jika bercabang, maka aliran arus menjadi terbagi-bagi serta tidak stabil.

8. Meletakkan Laptop Pada Kasur

Photo by Nicole Honeywill

Perilaku seperti ini bisa membuat sirkulasi udara laptop tidak bisa keluar dan menyebabkan panas. Maka, berilah alas yang datar dan tebal.

9. Tidak Membersihkan Debu di Laptop

Photo by Daniel Korpai

Seluruh debu yang berada di laptop sebaiknya dibersihkan dengan benar. Terlebih lagi debu yang ada di keyboard atau kipas.

Reader Interactions

Leave a Reply