Benarkah Begadang Bisa Berakibat Stress Dan Menyebabkan Kematian?

Tuntutan pekerjaan, mengerjakan tugas kuliah, maupun melakukan aktivitas di tengah malam yang mengharuskan begadang terbukti tak baik bagi kesehatan. Bahkan begadang dianggap bisa berakibat stress dan mempercepat kematian. Untuk membuktikan benar atau tidaknya pernyataan tersebut, Miku simak saja ulasan berikut.

Benarkah Begadang Bisa Berakibat Stress Dan Menyebabkan Kematian
Benarkah Begadang Bisa Berakibat Stress Dan Menyebabkan Kematian. Sumber: www.pexels.com

Begadang Bisa Berakibat Stress dan Menyebabkan Kematian

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Chronobiology International dari peneliti asal Inggris, dijelaskan bahwa kebiasaan begadang bisa mengubah ritme sirkadian. Hal ini juga bisa dibilang proses biologis yang berulang tiap 24 jam.

Dimana waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk proses detoksifikasi dalam mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Peneliti menjelaskan bahwa kebiasaan begadang bisa menciptakan ketidakseimbangan pada tubuh, yakni antara ritme sirkadian dan waktu untuk beraktivitas.

Photo by Alexandra Gorn

Penelitian ini melibatkan hampir 500.000 orang dengan usia 38-73 tahun dan dilakukan selama 6,5 tahun. Dari penelitian ini terungkap bahwa begadang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diabetes, gangguan neurologis, gangguan psikologis dan bahkan gangguan pernapasan.

Tak hanya berakibat pada resiko terkena beragam jenis penyakit, kebiasaan begadang juga bisa memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi. Perlu untuk Miku ketahui juga bahwa tidur kurang dari enam jam dalam semalam bisa mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Photo by Matthew T Rader

Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus atau sudah menjadi kebiasaan, maka orang yang suka begadang akan mudah terkena obesitas. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat tubuh lebih cepat dalam menyimpan lemak. Jika Miku tak ingin gemuk, pastikan Miku tak begadang setiap malam.

Untuk diketahui juga bahwa kebiasaan begadang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang ada di dalam tubuh mulai rusak. Dikarenakan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, maka seseorang yang suka begadang lebih mudah terserang penyakit sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Saat kurang tidur karena begadang, Miku juga bisa terserang penyakit stroke. Waktu istirahat malam yang sedikit bisa memicu jantung dan pembuluh nadi untuk bekerja lebih ekstra. Kondisi ini bisa menyebabkan stress yang berlebihan sehingga stroke akan lebih mudah menyerang.

Reader Interactions

Leave a Reply