Yuk Simak Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Kering. Sumber : depositphotos.com
Sumber : depositphotos.com

Menurut National Health Service, satu dari tiga orang pernah mengalami mata kering. Biasanya, mata kering terjadi karena mata tidak cukup menghasilkan air atau air mata menguap terlalu cepat. Munculnya hal ini disebabkan oleh perubahan hormon, beraktivitas, perubahan lingkungan, pemakaian lensa kontak, atau obat-obatan tertentu. Untungnya ada berbagai cara mengatasi mata kering tanpa menggunakan obat apa pun. Berikut ini Medioku menyusun daftar pengobatan alami yang dapat membantu kamu mengobati mata kering dengan cepat. Simak yuk!

Ruangan Lembab

Penyebab utama mata menjadi kering adalah suhu udara yang kering. Untuk mengatasinya, kamu dapat menambah kelembapan ruangan seperti memberi uap air atau humidifier. Cara ini bisa membuat air mata menjadi lebih lambat menguap. Ventilasi juga penting agar ruangan tidak tumbuh jamur. Jika kamu tinggal atau bekerja di lingkungan yang berdebu, pertimbangkan untuk mendapatkan filter udara agar udara lebih bersih.

Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi mata kering yang kedua adalah mengompres mata selama beberapa menit. Mata kering dapat menyebabkan iritasi dan mata meradang sehingga mata akan menghentikan produksi minyak pada kelenjar kelopak mata. Kelembaban dari kain hangat akan membantu melonggarkan minyak yang tersumbat pada kelenjar dan dapat mengurangi ketidaknyamanan.
– Basahi handuk bersih dengan air hangat.
– Peras dan letakkan di atas kelopak mata kamu selama 5 menit.
– Tekan lembut kelopak mata.
– Ulangi setiap hari selama seminggu untuk mengurangi peradangan.

Minum Air yang Banyak

Minum banyak air merupakan faktor yang paling penting untuk gaya hidup sehat. Air dapat membuat semua organ tubuh berfungsi dengan baik, termasuk mata. Selain itu, air membantu mata untuk tetap terhidrasi dan memastikan mata dapat menghasilkan cukup air.
– Minum 8 gelas air setiap hari.
– Jangan menunggu sampai kamu haus untuk minum air karena dehidrasi bisa menyerang kapan saja. Minumlah sebotol air setiap kali dan teguk secara teratur.

Reader Interactions

Leave a Reply