Mengapa Wanita Gampang Banget Emosional Saat Menstruasi?

Bukan rahasia lagi jika wanita yang sedang datang bulan (menstruasi) lebih mudah marah daripada biasanya. Kaum pria pastinya dibuat bingung dengan hal tersebut. Bahkan tanpa alasan, pria bisa kena dampaknya. Apabila Miku juga menghadapi wanita yang demikian, pastikan Miku ketahui penyebabnya.

Emosional Saat Menstruasi
Emosional Saat Menstruasi. Sumber: www.pexels.com

Alasan Wanita Mudah Emosional Saat Menstruasi

Salah satu hal yang menjadi penyebab wanita gampang emosional saat menstruasi yaitu tak mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Alasan yang satu ini tentu masuk akal. Menstruasi seringkali menimbulkan rasa sakit di perut dan tanda-tanda lain yang tak nyaman dirasakan sehingga menyebabkan sulit tidur.

Selain kurangnya waktu tidur, alasan lain yang mempengaruhi tingkat emosional wanita saat menstruasi yaitu hormon. Ketika menstruasi, hormon estrogen pada wanita meningkat secara drastis. Maka pastikan Miku lebih perhatian dan banyak mengalah jika menghadapi pasangan, sahabat, maupun istri yang sedang menstruasi.

Photo by Becca Tapert

Alasan wanita mudah emosi selama menstruasi yaitu tak bisa menjaga pola makannya. Akan terasa menjengkelkan tentunya bagi para wanita yang tengah menjalankan program diet. Siklus menstruasi mempengaruhi mood wanita untuk makan, bahkan makanan yang menjadi pantangan untuk diet sekalipun.

Dikarenakan banyak makan tanpa memperhatikan nutrisinya, berat badan wanita bisa meningkat. Hal ini akan sangat jelas terasa saat siklus menstruasi sudah berhenti. Agar aman, pastikan Miku tak menyinggung soal fisiknya yang berubah.

Wanita bisa lebih mudah emosional selama menstruasi juga dikarenakan tidak rutin berolahraga. Perlu untuk Miku ketahui, olahraga tak hanya bisa menyehatkan tubuh, akan tetapi juga pikiran. Oleh karena itu, kurangnya kegiatan olahraga atau bahkan tak melakukannya sama sekali bisa menyebabkan stres sehingga mudah emosi.

Photo by Jude Beck

Miku tak perlu heran jika wanita lebih mudah emosi ketika menstruasi. Hal tersebut sudah wajar adanya. Wanita memang lebih mudah frustasi selama menstruasi. Supaya emosinya tak berlarut-larut, Miku bisa coba menghiburnya. Buatlah mereka senang agar melupakan siklusnya.

Walau demikian, tak sedikit wanita yang bisa mengendalikan emosinya secara baik. Hal yang pasti, Miku jangan pernah menyingung hal apapun yang memancing emosi wanita yang sedang menstruasi. Meski bisa mengendalikan emosi, namun jika dipancing tetap saja berdampak buruk.

Reader Interactions

Leave a Reply