Gak Perlu Ribet! Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Di Rumah

Kardio dapat membuat detak jantung kita memompa menjadi lebih cepat. Akibatnya, napas menjadi lebih cepat dan lebih dalam, pembuluh darah menjadi lebih lebar, dan oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh menjadi lebih banyak. Dengan kata lain, kardio memberikan efek yang bagus untuk tubuh dan kesehatan. Mau kardio, nggak perlu ribet! Ternyata Olahraga Kardio bisa dilakukan di rumah, loh.

Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Di Rumah
Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Di Rumah. Sumber: www.pexels.com

Olahraga Kardio bisa Dilakukan di Rumah

Perlu dicatat bahwa olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah. Seperti kardio yang bisa Miku lakukan di rumah. Apa aja sih gerakannya?

1. Gerakan Pemanasan Sebelum Latihan Kardio

Sebelum menuju gerakan inti, Miku harus melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu setidaknya selama 6 menit. Hal ini berguna untuk mereggangkan otot sehingga dapat mencegah cedera dan membuat latihan lebih efektif.

Mulailah pemanasan dengan jalan di tempat. Kemudian melangkah ke depan dan ke belakang selama 3 menit. Jangan lupa ayunkan tangan seirama dengan langkah kaki. Kepalkan telapak tangan dan luruskan lengan ke depan.

2. Gerakan Inti Latihan Kardio

Gerakan inti kardio bermacam-macam, setidaknya Miku bisa lakukan selama 10 menit. Gerakannya antara lain yaitu rocket jump, star jump, squat, dan burpees.

Berdiri tegak dengan membuka kaki selebar pinggang. Tekuk lutut dan letakkan kedua telapak tangan di bagian depan Kemudian lompat dan angkat tangan hingga lurus ke atas kepala. Ulangi sebanyak 15-24 kali. Tekuk lutut sedikit dan posisikan kedua lengan di samping tubuh. Kemudian lompat dengan lengan dan kaki direntangkan ke samping.

3. Gerakan Pendinginan Setelah Latihan Kardio

Jika di awal perlu dilakukan pemanasan maka di akhir harus melakukan pendinginan. Gerakan pendinginan berguna untuk merelaksasi tubuh secara bertahap dan meningkatkan fleksibilitas tubuh loh! Pendinginan dapat dilakukan selama 5 menit setelah melakukan gerakan inti. Coba lakukan gerakan pendinginan atau cooling down seperti membaringkan tubuh di atas lantai dan tekuk kedua lutut ke arah dada. Lalu letakkan pergelangan kaki kanan di atas paha kiri, jalin kedua tangan di belakang paha kiri, dan tarik ke arah dada.

Reader Interactions

Leave a Reply