Google Buat iMessage Ala Android Menyusul Iphone

Saat ini Google sedang menyiapkan sebuah layanan SMS untuk generasi terbaru yaitu “Rich Communication Services” atau RCS Chat. Kedepannya, layanan ini bakal diterapkan dengan masif untuk para pengguna ponsel Android. Google Buat iMessage Ala Android Menyusul Iphone.

Google Buat iMessage Ala Android Menyusul Iphone
Google Buat iMessage Ala Android Menyusul Iphone. Sumber: instagram.com/google

Google Buat iMessage ala Android

Untuk pertama kalinya perusahaan hendak menawarkan layanan RCS untuk para penggunanya yang berada di Inggris dan Prancis pada bulan Juni tahun 2019.

Sebelum akhirnya memutuskan merilis RCS di dua negara Eropa itu, pihak Google sudah sempat mengalami kendala. Karena format layanan teks untuk generasi yang terbaru sangat bergantung pada jaringan kompatibilitas yang tidak merata.

Product Management Director Google, Sanaz Ahari, menyatakan bahwa pada dasarnya pihaknya percaya bahwa komunikasi, khususnya pengiriman pesan yang bersifat sangat pribadi sehingga pengguna punya hak privasi buat komunikasi. Saling berkomitmen penuh dalam menemukan solusi untuk penggunanya.

Photo by Paweł Czerwiński

Di samping itu, pihak Google juga telah mengatakan bahwa mereka nantinya akan merilis layanan RCS. Layanan ini akan ditujukan ke lebih banyak negara di sepanjang tahun 2019 ini. Akan tetapi, yang jadi masalah terbesar dari RCS yaitu layanan pesan ini sampai sekarang masih belum dienkripsi, baik secara end-to-end.

Seperti yang sudah diberitakan bahwa RCS akan memberikan sejumlah fitur. Misalnya fitur tanda terima pesan layaknya WhatsApp dan lampiran pesan yang berkualitas tinggi. Pihak Google telah menyebut nama RCS dipilih sebab memberi kesan ‘ramah’ untuk pengguna mereka.

Photo by Benjamin Dada

RCS ini nantinya akan berada pada perangkat ponsel bawaan milik Android seperti yang telah dilakukan oleh pihak Apple pada iMessage.

Google juga menambahkan bahwa pengguna ingin mengalihkan kartu SIM pada perangkat ponsel yang tak mendukung layanan RCS. Oleh sebab itu, para pengguna tidak dapat menerima pesan apapun.

iMessage merupakan foto, teks, atau video yang Miku kirim ke perangkat iOS dan Mac melalui Wi-Fi atau jaringan dari data seluler. Pesan ini nantinya akan selalu dienkripsi dan bisa muncul pada gelembung dengan teks biru. Jadi Google saat ini mengikuti iPhone untuk membuat iMessage ala Android.

Reader Interactions

Leave a Reply