Jepang Ciptakan Robot Dari Ranting Pohon

Saat ini sudah banyak sekali robot yang diciptakan, khususnya yang diciptakan dan dikembangkan oleh Negara Jepang. Berkat Artificial Intelligence (AI), para ilmuwan Jepang membuat robot dari ranting kayu. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di University of Tokyo yang mampu mengubah ranting pohon menjadi robot. Wow keren ya!

Sumber: Spectrum

Ilmuwan Jepang Membuat Robot dari Ranting Kayu

Apakah Miku tahu, bagaimana cara mereka membuat robot dengan bahan ranting kayu?

Caranya dengan membuat algoritma deep learning. Supaya bisa menggerakkan potongan kayu, cukup dengan beberapa servo standard maka ranting kayu itu sudah bisa berjalan.

Dalam pengerjaannya, ilmuwan Jepang selalu mempertimbangkan penggunaan benda-benda yang ada. Robot ini terbuat dari cabang pohon dengan berbagai macam bentuk. Padahal sebelumnya, ranting pohon hanya digunakan untuk arsitektur atau dekorasi karena ranting pohon tidak dianggap sebagai bahan pembuat robot.

Pengoperasiannya justru efisien. Robot ini mengadopsi material baru yang dapat melompat, berjalan, menyeret lengan, memutar pinggul atau berbagai mekanisme kreatif tenaga penggerak lainnya.

Deep Learning yang diterapkan harus memikirkan strategi. Eksperimen dengan kecerdasan buatan inilah yang digunakan untuk mengembangkan Deepmind Artificial Intelligence.

Penelitian yang dilakukan juga meliputi simulasi. Proses pembuatannya pun tidak bisa langsung berhasil, para peneliti mengalami banyak kegagalan. Tetapi mereka terus melakukan eksperimen karena robot yang berbahan dasar kayu dinilai tidak membuat kerugian dari segi finansial.

Sumber: Gizmodo

Agar percobaannya dapat berhasil, pertama-tama para peneliti membuat versi 3D. Kemudian memasukkan bobot masing-masing sehingga bisa dikalkulasi dengan benar.

Sayangnya penelitian ini memang masih belum sempurna. Para peneliti masih harus terus memastikan gerakan robotiknya tidak mematahkan ranting pohon. Sebab kualitasnya kalah kuat bila dibanding dengan bahan lain seperti serat karbon.

Meski begitu tim peneliti selalu percaya bahwa robot dengan bahan ranting pohon lebih fleksibel dan mudah ditemukan sehingga tidak lagi bergantung pada komponen khusus.

Sumber: JAPAN Forward

Nah, sudah lihat seperti apa, kan robot ranting pohon buatan dari ilmuwan Jepang ini, keren bukan?

Reader Interactions

Leave a Reply