Kominfo Buat Studi Grup Membahas Penerapan 5G Di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara terus menerus memperkenalkan Internet kepada masyarakat di daerah perbatasan loh Miku, seperti di Desa Long Bawan, Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. Beliau mengumpamakan internet dengan pedang bermata dua yang berdampak negatif dan positif. Selain itu, Beliau juga membahas isu terbaru di Papua. Miku tahu tidak, sekarang KOMINFO telah membuat studi grup untuk membahas penerapan 5G di Indonesia?

Nah menurutnya, pendidikan dan literasi internet harus disebarluaskan secara bertahap. Oleh karena itu, orang yang tinggal di daerah perbatasan bisa mengaksesnya dengan benar dan bijak. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terus menerus memperkenalkan Internet kepada masyarakat di daerah perbatasan loh Miku, seperti di desa Long Bawan, Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. Dia menyamakan internet untuk pedang bermata dua dengan dampak negatif dan positif. Dia juga menyentuh isu terbaru di Papua juga. Tahu gak, sekarang Kominfo buat studi grup membahas penerapan 5G di Indonesia. Kominfo Buat Studi Grup di Indonesia Nah, menurut pendidikan dan literasi internet harus disebarluaskan secara bertahap loh. Oleh karena itu, orang yang tinggal di daerah perbatasan bisa menggunakannya dengan benar dan bijak. Nah, berikut Kominfo buat studi grup membahas penerapan 5G di Indonesia. Penerapan 5G di Indonesia Tahu gak Miku, 5G diperkirakan akan diluncurkan pada 2020. Dibutuhkan ekosistem yang baik untuk mendukung implementasi 5G secara optimal, seperti melalui regulasi. Salah satu masalah dan tantangan dalam regulasi adalah Alokasi frekuensi spektrum. Berbagai penelitian telah merekomendasikan frekuensi spektrum 3,5 GHz untuk implementasi teknologi 5G. Srekuensi Spektrum 3,5 GHz Sayangnya, di Indonesia frekuensi spektrum 3,5 GHz telah digunakan untuk layanan satelit tetap. Dengan penyebaran optik yang tidak merata, dan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, Layanan satelit masih diperlukan di Indonesia. Oleh karena itu, Miku perlu mengevaluasi spektrum frekuensi 3,5 GHz penggunaan teknologi 5G di Indonesia. Dalam makalah ini, kami mengusulkan sebuah kerangka kerja untuk mengevaluasi peraturan ini dengan Indonesia sebagai studi kasus, yang didasarkan pada perspektif ekonomi, sosial, teknologi, dan politik. Teknologi 4G Indonesia saat ini tengah memasuki era teknologi 4G dimana secara global teknologi ini telah dikomersilkan sejak tahun 2009.Melihat pengalaman implementasi teknologi seluler dari 1G sampai dengan 4G di Indonesia yang selalu terlambat, maka kajian ini diharapkan dapat menjadi awal persiapan Indonesia dalam menghadapi teknologi 5Gdengan mengidentifikasi teknologi seluler saat ini dengan gambaran umum industrit elekomunikasi di Indonesia saat ini. Nah, sekarang udah tahu kan, tentang Kominfo buat studi grup membahas penerapan 5G di Indonesia perlu Miku ketahui untuk lebih lanjut tentang Kominfo.
Kominfo Buat Studi Grup Membahas Penerapan 5G di Indonesia. Sumber: www.pexels.com

Penerapan Teknologi 5G di Indonesia

Sumber: UC

Miku tahu tidak bahwa 5G diperkirakan akan diluncurkan pada 2020? Tentunya dibutuhkan ekosistem yang baik untuk mendukung implementasi 5G secara optimal, seperti melalui regulasi. Salah satu masalah dan tantangan dalam regulasi adalah Alokasi Frekuensi Spektrum. Berbagai penelitian telah merekomendasikan frekuensi spektrum 3,5 GHz untuk implementasi teknologi 5G.

Frekuensi Spektrum 3,5 GHz

Sumber: CPO Magz

Sayangnya, di Indonesia frekuensi spektrum 3,5 GHz telah digunakan untuk layanan satelit tetap. Guna penyebaran optik yang tidak merata, Indonesia masih memerlukan layanan satelit untuk menjangkau seluruh pulau. Oleh karena itu, Miku perlu mengevaluasi frekuensi spektrum 3,5 GHz untuk penggunaan teknologi 5G di Indonesia.

Teknologi 4G

Sumber: Digital Trends

Indonesia saat ini tengah memasuki era teknologi 4G dimana secara global teknologi ini telah dikomersilkan sejak tahun 2009. Melihat pengalaman implementasi teknologi seluler dari 1G sampai dengan 4G di Indonesia yang selalu terlambat, maka kajian ini diharapkan dapat menjadi awal persiapan Indonesia dalam menghadapi teknologi 5G dengan mengidentifikasi teknologi seluler saat ini dengan gambaran umum industrit elekomunikasi di Indonesia saat ini.

Nah, sekarang Miku sudah tahu kan tentang studi grup yang KOMINFO buat dalam rangka membahas mengenai penerapan 5G di Indonesia. Karena hal ini masih perlu kajian lebih dalam, kita tunggu saja update atau kabar terbaru dari pemerintah soal rencana penerapan 5G di Indonesia ya Miku.

Reader Interactions

Leave a Reply