Punya Tekanan Darah Tinggi? Hindari Makanan ini

Saat dinyatakan memiliki tekanan darah tinggi, maka Miku harus sangat berhati-hati dalam menjaga pola hidup dan pola makan. Ada beberapa makanan yang harus Miku hindari. Kali ini Medioku bakal kasih tahu buat Miku semua yang punya tekanan darah tinggi. Hindari berbagai macam jenis makanan ini biar kesehatan Miku selalu terjaga.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi
Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi. Sumber: www.pexels.com

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Sebenarnya, tekanan darah ditentukan dari jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi aliran darah dari arteri. Jika semakin banyak darah yang dipompa jantung maka akan semakin sempit arteri dan tekanan darah juga akan semakin tinggi. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Miku hindari:

Garam

Photo by Jason Tuinstra

Mengurangi natrium atau garam dalam makanan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bisa juga untuk mengurangi tekanan darah 5 sampai 6 mmHg. Akan lebih baik kalau Miku batasi natrium sampai 2300 mg sehari. Asupan natrium yang lebih rendah dari 1500 mg sehari, ideal sekali buat orang dewasa.

Baca label makanan atau pilih alternatif makanan dan minuman yang rendah sodium. Kurangi makan makanan olahan karena kebanyakan natrium ditambahkan pada jenis olahan makanan tersebut.

Apabila tidak bisa secara drastis berhenti mengonsumsi natrium, maka coba kurangi sedikit-demi sedikit agar semakin lama Miku semakin terbiasa.

Lemak Trans

Photo by Taylor Kiser

Kalau punya tekanan darah tinggi, Miku harus kurangi lemak jenuh dan menghindari lemak trans. Apa saja sih makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh itu?

Biasanya lemak jenuh terdapat pada bahan makanan berupa mentega, kulit ayam, daging merah, dan susu full cream. Jadi sebisa mungkin Miku harus menghindari berbagai macam makanan tersebut.

Kafein

Photo by Mike Kenneally

Kafein bisa meningkatkan tekanan darah sampai dengan 10 mmHg untuk orang yang jarang mengkonsumsinya. Tapi bagi orang yang minum kopi secara teratur, mungkin hanya mengalami sedikit peningkatan tekanan darah.

Agar bisa tahu apakah kafein bisa meningkatkan tekanan darah, maka Miku harus periksa tekanan darah 30 menit sesudah minum kafein. Jika tekanan darah Miku meningkat 5 sampai 10 mmHg, mungkin Miku peka terhadap kafein. Sebaiknya Miku bicara dengan dokter soal efek kafein terhadap tekanan darah Miku saat ini.

Kalau Miku punya tekanan darah tinggi ingat ya, hindari makanan yang seperti sudah disebutkan tadi.

Reader Interactions

Leave a Reply