Mau Coba Makanan Paling Bau Ini?

Menyantap makanan yang lezat pastinya diharapkan juga punya aroma yang sedap. Tapi, nyatanya tidak semua makanan punya bau yang sedap. Apa Miku tahu, ternyata di berbagai belahan dunia ini ada beberapa makanan yang punya bau tidak sedap dan menyengat. Namun tetap saja banyak orang yang menyukainya. Mau coba makanan paling bau Ini? Apa saja itu? Medioku bakal kasih tahu informasinya buat Miku semua.

Mau Coba Makanan Paling Bau Dari Berbagai Dunia
Mau Coba Makanan Paling Bau Dari Berbagai Dunia. Sumber: instagram.com indra.wi85

Makanan Paling Bau di Dunia

Beberapa makanan di dunia ini punya bau yang nggak sedap. Bahkan punya predikat sebagai makanan berbau busuk di dunia.

Durian

Sumber: Healthline

Siapa sih yang ngaku nggak kenal sama buah dengan kulit penuh duri ini? Durian, buah yang satu ini banyak ditemui di wilayah Indonesia dan termasuk dalam makanan dengan bau tidak sedap dan menyengat untuk sebagian orang.

Doenjang

Sumber: Maangchi

Ini adalah sejenis saus yang asalnya dari Korea Selatan. Makanan ini dibuat dari bahan berupa kedelai yang sudah difermentasi. Doenjang punya aroma amonia yang mengeluarkan rasa umami yang sangat gurih. Saus ini juga sering dipakai untuk bahan masakan.

Surstromming

Sumber: Atlas Obscura

Ini adalah makanan yang berasal dari Swedia yang dibuat dari ikan baltic herring yang telah melewati proses fermentasi. Makanan ini dianggap mempunyai aroma yang mirip dengan telur busuk dan sampah.

Kiviak

Sumber: Travel Food Atlas

Kiviak adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh suku Inuit yang ada di bagian utara Greenland. Makanan ini juga terbuat dari burung laut yang telah difermentasi dan umumnya dimakan secara mentah-mentah.

Rakfisk

Sumber: Tine
Sumber: Tine

Ikan segar ini difermentasikan dua hingga tiga bulan. Proses fermentasi menjadikan ikan menjadi mengeluarkan cairan bau busuk. Meski demikian, walau banyak dihindari karena punya bau tengik, masyarakat Norwegia menganggap rasa makanan ini sangat lezat.

Stinky tofu

Sumber: Medium

Ini adalah sejenis makanan tradisional dari Tionghoa. Makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar tahu yang difermentasi. Dengan begitu, memiliki bau yang tidak sedap. Walaupun baunya tidak sedap, tapi banyak yang menganggap makanan ini lezat.

Lutefisk

Sumber: Grand Forks Herald

Jenis ini sering ditemukan di negara Nordik, seperti negara Norwegia, Swedia, juga Finlandia. Lutefisk ini terbuat dari ikan kering yang telah direndam dalam air dingin dan diganti terus selama enam hari. Perendamannya memakai larutan alkaline yang mengubah tekstur serta aroma lutefisk seperti agar-agar dan berwarna putih transparan.

Reader Interactions

Leave a Reply

Trending