Memahami Lagom, Gaya Hidup Swedia Yang Seimbang Dan Membahagiakan

Miku pernah mendengar soal Lagom nggak? Lagom adalah gaya hidup Swedia yang seimbang dan membahagiakan. Kata ‘Lagom’ (dibaca lar-ghom) berasal dari Bahasa Swedia. Menurut Linnea Dunne, penulis berkebangsaan Swedia, dalam bukunya berjudul “Lagom: The Swedish Art of Balanced Living“, Lagom adalah konsep keseimbangan dan kesadaran penuh pada aktivitas yang sedang dijalani.

Memahami Lagom Gaya Hidup Swedia yang Seimbang dan Membahagiakan
Memahami Lagom Gaya Hidup Swedia yang Seimbang dan Membahagiakan. Sumber: www.pexels.com

Lagom Sebagai Gaya Hidup Swedia yang Seimbang

Arti ‘Lagom’ dapat dibilang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Lagom sudah menjadi rahasia mengapa Swedia berhasil menjadi negara paling bahagia dan paling produktif di dunia. Orang Swedia tidak mengenal ‘work hard play hard‘ karena bagi mereka, baik work maupun play dilakukan dengan seimbang dan secukupnya.

Photo by Val Vesa

Bagi penganut Lagom, kesibukan tidak berarti seharian penuh beraktivitas, namun beristirahat paling tidak 5 menit setiap 1 jam saat bekerja. Mereka tidak memasukkan banyak hal di dalam to-do list. Selain itu, Lagom juga secara garis besar punya cara pandang mengutamakan keseimbangan untuk kenyamanan diri.

Tidak hanya itu saja, Lagom juga berhubungan dengan berhemat, pengurangan stres, mencapai keseimbangan sempurna antara bekerja, bermain, serta fokus pada masalah lingkungan serta hidup keberlanjutan.

Orang Swedia bisa menikmati waktu yang mereka miliki. Mereka akan berhenti sejenak, lalu melihat-lihat, mendengarkan, dan menunggu. Dengan menerapkan hidup santai, Miku pasti bisa menikmati kesenangan yang sederhana di dalam hidup. Hal ini tentunya sangat memuaskan.

Prinsip Lagom Di Rumah

Photo by Robert Collins

Menerapkan prinsip Lagom menjadi prinsip hidup dapat dilakukan dengan menjalankan gaya hidup yang sederhana. Jika ingin terapkan di rumah, Miku hanya perlu berbahagia dengan semua hal yang saat ini dimiliki. Selain itu menghilangkan apa saja hal yang tidak membuat Miku bahagia.

Tidak masalah jika kondisi rumah sedikit kacau, Miku bisa pastikan saja apa yang bisa membuat bahagia dan bermanfaat.

Lagom disebut sebagai gaya hidup minimalis baru bagi siapa pun yang memiliki keinginan untuk hidup dengan harta benda lebih sedikit tetapi bertujuan untuk menikmati kehidupan yang lebih bermanfaat.

Reader Interactions

Leave a Reply