10 Penemuan Berkelanjutan Yang Sudah Membantu Menyelamatkan Kehidupan Di Bumi

Menurut beberapa penelitian, manusia menggunakan lebih banyak sumber daya daripada yang dapat diregenerasi Bumi. Hal ini terjadi karena budaya konsumsi, penggunaan barang-barang sekali pakai, dan asumsi bahwa alam akan selalu ada untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus tumbuh. Nyatanya, saat ini manusia membutuhkan 1,7 Bumi untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan sumber daya. Tapi hanya ada satu Bumi di semesta ini. Oleh karena itu, saat ini ada banyak penemuan berkelanjutan yang bermanfaat dan mampu menyelamatkan kehidupan manusia. Miku penasaran seperti apa penemuannya? Berikut Medioku paparkan.

Penemuan Berkelanjutan Yang Sudah Membantu Menyelamatkan Kehidupan di Bumi
Penemuan Berkelanjutan Yang Sudah Membantu Menyelamatkan Kehidupan di Bumi. Sumber: www.pexels.com

Penemuan yang Ikut Menyelamatkan Kehidupan di Bumi

1. LifeStraw

Sumber: LifeStraw

Lifestraw adalah alat untuk jutaan orang, yang hidup dalam kemiskinan, tapi mampu membuat air kotor dapat diminum dengan menyaring bakteri di dalamnya. Sedotan ini terdiri dari membran berlubang dan berserat yang memiliki pori-pori mikroskopis untum menjebak kontaminan. Temuan ini merupakan solusi bagi para petualang yang sering menemukan air tercemar.

2. Mygdal Plantlight

Sumber: Architonic

Mygdal Plantlight adalah sebuah tanaman yang mempunyai ekosistem sendiri. Proses fotosintesis masih sama dengan proses pada umumnya. Miku tidak perlu menyiramnya karena air di dalamnya menguap dan mengembun dalam siklus tertutup, sehingga tanaman selalu cukup basah. Dengan tampilannya yang unik, Miku bisa membuat Mygdal Plantlight menjadi hiasan di rumah.

3. Soccket

Sumber: El Periódico

Soccket adalah generator portabel yang memanfaatkan dan menyimpan energi. Bola ini digunakan sebagai sumber daya akses ke sumber daya terbatas.

4. Eco Egg

Sumber: Yes Bebe

Ecoegg adalah sistem berbasis mineral untuk mencuci pakaian yang bekerja tanpa menggunakan bahan kimia. Perangkat ini ramah lingkungan, tidak diuji pada hewan, dan terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. Alat ini jauh lebih tahan lama daripada deterjen bubuk rata-rata dan biaya penggunaannya lebih murah.

5. Ooho

Sumber: World Atlas

Oohoo adalah air yang dapat dimakan. Terbuat dari ekstrak rumput laut, kemasan ini tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga dapat dimakan. Ooho diciptakan untuk melawan limbah yang menyerang tanah dan lautan. Penemuan ini berfungsi sebagai alternatif yang bagus untuk kemasan plastik.

6. WAIR

Sumber: The Verge

WAIR adalah topeng anti polusi yang dibuat untuk melindungi dari polusi udara. Perangkat ini memiliki filter yang menghentikan bakteri, emisi gas, alergen, dan partikel kecil lainnya. Pembuat menyarankan untuk mengganti filter setiap bulan agar topeng dapat bekerja dengan baik.

7. The Cora Ball

Sumber: Cora Ball

Salah satu tantangan polusi terbesar yang dihadapi dunia saat ini adalah microfiber yang mengalir ke laut setiap kali kita menggunakan mesin cuci. The Cora Ball adalah alat yang menghilangkan partikel plastik kecil dari cucian selama siklus pencucian untuk mencegahnya masuk ke sistem air.

8. Piñatex

Sumber: Material District

Piñatex adalah alternatif kulit alami yang terbuat dari serat selulosa yang diekstrak dari daun nanas. Penggunaan serat daun nanas sebagai pengganti kulit memiliki dampak lingkungan yang minimal dan pada saat yang sama memecahkan masalah membunuh hewan untuk produksi kulit.

9. The Salt Lamp

Penemuan Menyelamatkan Kehidupan
Penemuan Menyelamatkan Kehidupan. Sumber: The Body Source

The Salt Lamp adalah perangkat yang hanya membutuhkan segelas air dan 2 sendok makan garam untuk lampu memberikan cukup cahaya sepanjang malam. Jika tidak ada garam, dapat juga menggunakan air laut. Penemuan ini sangat membantu di negara-negara di mana tidak ada listrik.

10. Trishula

Penemuan Menyelamatkan Kehidupan
Penemuan Menyelamatkan Kehidupan. Sumber: Amazon

Trishula adalah perusahaan India yang memproduksi alat makan yang dapat dimakan yang terbuat dari adonan yang terbuat dari campuran beras, sorgum, dan tepung gandum. Kemudian diremas dengan air panas dan dibakar dalam cetakan. Produk ini 100% alami mengurangi efeknya terhadap lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan manusia karena bahan-bahan tersebut tidak mengandung bahan kimia atau zat tambahan.

 

Reader Interactions

Leave a Reply